Prinsip Hidup yang Harus di Pegang, Agar Hidup Menjadi Lebih Baik

Prinsip Hidup yang Harus di Pegang, Agar Hidup Menjadi Lebih Baik

Prinsip hidup adalah bagimana cara seseorang menjalani kehidupannya, dengan pendirian yang teguh dalam memandang sebuah kehidupan. Mungkin, sebagian orang akan merasa kesal dan marah, ketika prinsip hidup mereka diusik dan diganggu. Sebab, prinsip kehidupan adalah sebuah hal kursial yang harus dimiliki oleh tiap manusia.

Walaupun demikian, ternyata ada beberapa prinsip hidup yang bisa kamu pegang teguh, dan ada juga prinsip hidup yang harus kamu tambahkan didalam catatan prinsip hidupmu juga, loh. Tentu hal ini bukan tanpa tujuan, tapi agar kamu mampu membuat kehidupan mu menjadi lebih baik lagi.

 

Agar Lebih Baik, Berhenti Membicarakan Orang Lain

Mungkin, mulut kita sering kali gatal untuk membicarakan perilaku seseorang. Baik itu dari tingkah lakunya, atau bahkan perkataannya. Sebagai orang awam, mungkin kita sering kali membicarakan orang lain di lingkungan lain juga tentunya.

Iya, hal ini sudah menjadi sebuah tradisi didalam kehidupan. Baik dalam lingkungan kerja, lingkungan rumah, atau bahkan dalam lingkungan sekolah.

Nah untuk itu, kalian bisa mengubah kebiasaan ini, dengan tidak membicarakan orang lain. Cukup dirimu saja yang mengetahui bagaimana seseorang bertindak, bagaimana seseorang bersikap. Jika dirasa perlu memberi nasihat atau memperingatinya, lakukanlah dengan baik. Bimbinglah orang tersebut dengan cara yang positif.

Dengan terlalu sering membicarakan orang lain, kalian hanya menambahkan beban fikiran dan juga kebencian didalam diri sendiri. Hal ini tentunya tidak baik untuk kehidupan kalian bukan?

 

Catat Kebaikan Seseorang diatas Batu, dan Catat Kebaikan diri diatas Pasir

Iya, hal ini sering kali dilupakan oleh tiap manusia. Ketika kita berbuat baik kepada orang lain, kita justru terus mengingat, kebaikan apa yang pernah kita lakukan. Dan ketika seseorang berlaku jahat kepada kita, justru kita hanya mengingat keburukannya.

Sebenarnya, kita sudah melakukan hal yang salah jika terus seperti ini. Mungkin kita lupa, bahwa seseorang yang berlaku jahat kepada kita, pernah melakukan hal baik atau membantu dalam kehidupan kita.

Hal ini lah yang membuat kita mudah untuk membenci seseorang akibat sebuah noda hitam diatas kertas putih yang mereka miliki.

Cobalah untuk berfikir terlebih dahulu, cobalah untuk lebih banyak mengingat kebaikan orang-orang disekitar kita, sebab bisa jadi orang tersebut pernah membantu dalam kehidupan kita.

 

Berhenti Menyimpan Dendam, mari Mulai Memaafkan

“saya benci dengan si A, sebab dia pernah memukul saya beberapa tahun lalu”.

Jika dihadapkan dengan kalimat seperti diatas, apa yang ada difikiran kalian? Apakah hal ini harus nya tetap dibahas walaupun sudah bertahun lalu terjadi?

Mungkin, rasa sakit dan juga kecewa akibat perlakuan orang lain kepada kita, bisa menjadi suatu luka yang tak ada keringnya didalam hati dan ingatan.

Namun, untuk apa terus menyimpan dendam terlalu lama? Mau sampai kapan terus membenci seseorang akibat kesalahan yang dibuat di masa lampau?

Cobalah untuk menjadi lebih bijak, cobalah untuk menjadi lebih baik. Maafkan orang orang yang pernah menyakitimu. Itu akan menjadi self-healing yang baik untuk hati dan mental mu.

Ingat, Allah saja mau memaafkan hambanya yang penuh dengan dosa-dosa, lantas mengapa kita sebagai manusia tidak mau memaafkan? Haruskah kita menyombongkan diri? Ingat, kita hanyalah makhluk lemah.

Semoga dengan menerapkan prinsip hidup diatas, kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalani kehidupan, dan bisa lebih tenang tanpa harus membenci dan dibenci.

Bagikan website ini kepada saudara Anda