masjid al falah jambi

Mengenal Tentang Masjid Al-Falah (Jambi), Masjid Seribu Tiang yang Populer

Selain menjadi tempat untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada ALLAH SWT, masjid juga pasti memiliki sejarah menarik didalamnya. Dimana sejarah ini membuatnya menjadi sangat populer, dan banyak diminati para warga sekitar, atau bahkan dari luar kota untuk menikmati keindahan Masjid yang ada di suatu tempat.

Seperti masjid Al-Falah misalnya, selain menjadi tempat untuk menjalankan kewajiban sebagai seorang muslim, masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Seribu Tiang, yang menjadi salah satu keunikan dari masjid ini sendiri.

Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Kota Jambi. Masjid ini sendiri dibangun sekitar tahun 1971 dan selesai pada tahun 1980. Keunikan bangunan masjid ini adalah sebuah pendopo terbuka yang memiliki banyak tiang penyangga, serta sebuah kubah besar yang ada dibagian atasnya.

Bentuk bangunan ini juga menjadi salah satu keunikan lainnya. Sebab, konsep yang di adaptasih nya merupakan sebuah konsep keterbukaan tanpa ada sekat yang menghalanginya.

masjid al falah jambi
Masjid ini juga menjadi tempat beribadah dan juga beristirahat sembari menikmati keindahan bangunan masjid yang sebenarnya hanya terdiri dari 256 tiang saja, namun hal ini lah yang membuat masjid satu ini disebut sebut sebagai masjid seribu tiang.

Banyak kaum muslim laki laki dan perempuan yang berkunjung kesini untuk melaksanakan kewajiban shalat 5 waktu dan mengabadikan momen indah mereka ketika berada disini.

Untuk arsitektur dari Masjid Al-Falah ini sendiri, sebenarnya terinspirasi dari bangunan Kota Roma, Italia. Namun, jika dibandingkan dengan bangunan masjid Al-Falah, tentunya lebih bagus daripada aslinya.

Ketika masuk kedalam masjid Al-Falah ini, kamu akan menemukan keunikan lain berupa tidak adanya pintu dan jendela, sebab sesuai dengan nama masjid ini sendiri, yakni Al-Falah. Yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia, memiliki arti Kemenangan.

Kemenangan sendiri memiliki maksud memiliki kekebasan, dan tanpa kekangan. Hal ini lah yang menjadi dasar bangunan masjid ini memiliki konsep terbuka, agar kaum muslim dari manapun bisa masuk dan melaksanakan ibadah wajib di masjid ini.

Jadi bagaimana sahabat Masjidku? Apakah anda tertarik untuk mengunjungi masjid Al-Falah ini?

Bagikan website ini kepada saudara Anda