Kiat Sederhana Terhindar Hal Buruk di Sosial Media

Kiat Sederhana Terhindar Hal Buruk di Sosial Media

Sosial Media yang kita temukan pada saat ini, mungkin sudah menjadi salah satu konsumsi publik yang sangat mudah diaksess oleh siapapun. Baik untuk kalangan orang tua, anak muda, laki laki, ataupun perempuan, mereka semua sibuk mengaksess Sosial Media mereka.

Alih-alih membagikan foto, video, ataupun momen berharga lainnya, kita juga harus tetap waspada dengan apa-apa saja yang dibagikan di Sosial Media, sekalipun itu dari sebuah media besar yang memiliki kredibilitas yang jelas, atau bahkan masih abu-abu.

Hal ini tentunya sering kali menjadi boomerang bagi siapapun yang menggunakan Sosial Media. Sebab sosial media sendiri seperti Pedang Bermata dua yang mana kamu bisa mendapatkan sesuatu yang baik dari itu atau bahkan menjerumuskan kamu kedalam hal yang buruk.

Lantas, kiat apa saja yang bisa kita lakukan dalam menghindar ataupun mencegah diri dari hal hal negatif yang ada di sosial media?

 

1. Tidak asal Menelan Sesuatu yang dibagikan begitu saja

Mungkin ini sering kali terjadi di kalangan Grup Whatsapp keluarga, ya.

Banyak dari kita yang terkadang selalu percaya dengan apa apa saja yang dibagikan lewat sosial media. Ntah itu berita, kejadian, atau bahkan sebuah insiden yang mengerikan sekalipun.

Adapun hal yang bisa dilakukan sebagai pencegahan ialah lebih mencari tau soal berita yang dibagikan dengan mencari lebih dalam lagi mengenai sumber, media, ataupun orang yang membagikan berita tersebut.

Karena, ujaran kebencian bisa sangat cepat menyebar lewat berita-berita yang asal di telan secara mentah begitu saja. Alhasil, kita pun mendapatkan imbas yang negatif dari hal ini.

 

2. Tidak Sembarang membagikan Sesuatu yang belum jelas

Sebagai seorang pengguna sosial media, kita juga harus lebih bijak lagi dalam membagikan sebuah konten didalamnya. Pastikan terlebih dahulu, hal yang kita bagikan disana memanglah sebuah fakta ataupun yang memang terjadi secara nyata di dunia.

Ini bisa meminimalisir kesalahfahaman diantara pengguna sosial media lain, atas berita yang kita bagikan. Meskipun mungkin kita memiliki opini tersendiri, pastikan lebih dalam lagi, sumber yang kita bagikan adalah sebuah sumber yang memiliki kredibilitas yang jelas, dan terpercaya.

 

3. Hindari Membagikan Informasi Pribadi secara Berlebihan

Apa maksudnya akan hal ini? Iya, kejahatan siber saat ini sudah menjadi hal yang selalu mengintai kita ketika mengaksess sosial media.

Dengan lebih bijak dalam melakukan posting seperti foto selfie misalnya, bisa menjadi sebuah langkah besar dalam melindungi diri dari kejahatan siber saat ini. Untuk itu, hindarilah terlalu berlebih dalam membagikan informasi pribadi kita.

Seperti alamat lengkap, foto selfie, kegiatan yang dilakukan dengan menyertakan lokasi, atau bahkan hal lainnya.

Hal ini memiliki tujuan agar kita lebih lebih aman dalam melindungi data pribadi kita, agar tidak disalahgunakan oknum lain.

Bagikan website ini kepada saudara Anda