hal positif yang bisa dilakukan di masjid

Hal Positif yang Bisa Kamu lakukan ketika Berada di Masjid

Masjid, memang dikenal sebagai salah satu tempat ibadah bagi seorang muslim. Baik itu laki-laki, perempuan, tua, dewasa, ataupun anak-anak. Ini sudah menajdi salah satu hal yang sangat diketahui oleh sebagian orang, terlebih mereka yang laki-laki, sangat dianjurkan untuk melakukan shalat berjama’ah di masjid.

Selain menjadi tempat untuk mendekatkan diri kepada ALLAH, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan di Masjid. Tentunya, untuk hal-hal positif dan bermanfaat bagi sebagian banyak ummat muslim di muka bumi ini.

Terlebih, jika kalian ada seorang yang terkenal aktif dalam aktivitas masjid, atau masuk dalam organisasi Remaja Masjid, rasanya kalian harus tergerak dan membagikan hal positif lewat Masjid.

 

Menjadikan Masjid sebagai Taman Mengaji

Sudah banyak dilakukan memang. Masjid sering kali digunakan para Remaja Masjid ataupun Guru Mengaji untuk membagikan ilmu mereka kepada adik-adik yang sedang belajar mengaji. Baik dalam tahapan Iqra, ataupun Al-Qur’an.

Biasanya, kegiatan mengaji di masjid ini sering dilakukan selepas adzan ashar, dan berakhir sebelum maghrib, ataupun selepas shalat maghrib berjamaah. Hal positif seperti ini bisa menghasilkan hal baik untuk lingkungan masjid dan juga diri kalian.

 

Melakukan Pengajian Remaja Rutin Mingguan

Saya pribadi pernah bergabung dalam Organisasi Remaja Masjid. Disana, saya mendapatkan banyak ilmu mengenai Agama, dan juga tentunya dalam memberbaiki makhorijul huruf ketika membaca al-qur’an.

Selain itu, saya bersama remaja masjid lain biasa mengadakan makan bersama atau tumpengan, ketiak ada remaja lain yang sedang mendapatkan hal bahagia, rezeki, atau bahkan ulang tahun. Kita sama sama mendoakan agar mendapat yang terbaik di kemudian hari.

Tentunya ini juga memberikan impact yang positif, berupa mempererat tali silaturahmi antara satu sama lain.

 

Melaksanakan Buka Bersama ketika Ramadhan

Ini yang selalu ditunggu. Ketika awal bulan ramadhan masuk, banyak para remaja masjid yang mengadakan acara bukber atau sering disebut dengan Buka Bersama. Biasanya, para remaja masjid akan berbondong-bondong mengumpulan dana, ataupun menerima sumbangan berupa kue ataupun makanan ringan untuk berbuka.

Hal ini menjadi salah satu momen yang tidak bisa dilupakan oleh para remaja masjid terutama. Senyum bahagia, tawa bersama, dan kebersaamaan yang melekat, menjadi satu kenangan manis untuk dibagikan.

 

Sebagai Tempat Diskusi dalam Acara Keagamaan

Biasanya, saya dan remaja masjid sering kali melakukan rapat ketika akan menghadapi sebuah hari atau acara keagamaan, seperti Isra miraj ataupun dalam acara lain, seperti tahun baru islam misalnya.

Kami semua berkumpul untuk membuat sebuah struktur organisasi dalam pelaksanaan acara tersebut. Kami semua saling bahu membahu dan membantu satu sama lain dalam menjalankan tugas.

Disinilah keberasamaan kami terbentuk, dan menjadikan kami semua seperti keluarga yang saling menopang dan menolong.

 

Lalu, apa cerita atau kegiatan positif yang sahabat masjidku sering lakukan? Bagikan di kolom komentar ya.

Bagikan website ini kepada saudara Anda