mengubah kebiasaan buruk

Cara Mudah untuk Mengubah Kebiasaan Buruk

Habits atau kebiasaan, adalah sebuah hal yang terlalu sering dilakukan oleh tiap manusia. Hal ini sangat lekat dengan bagaimana mereka bersikap, dan bertingkah laku didalam kehidupan ataupun lingkungan. Sebagaimana kita ketahui bersama, kebiasaan sendiri terbagi menjadi 2, yakni kebiasaan baik, dan kebiasaan buruk.

Terkadang, kita sering kali menemukan seseorang dengan kebiasaan buruk yang sulit untuk dirubah, namun sebagaian lagi mampu mengubah kebiasaan buruk tersebut, dan bahkan meninggalkannya.

Tentunya dari kebiasaan buruk yang sering dilakukan ini, kita pun akan mendapatkan impact ataupun akibat dari sering nya melakukan kebiasaan buruk didalam sebuah kehidupan.

Lantas, seperti apa contoh kebiasaan buruk tersebut?

  • Tidak bisa Tidur lebih awal
  • Tidak bisa bangun lebih pagi
  • Terlalu Sering marah
  • Malas Belajar
  • Sulit Untuk Menerima Pelajaran
  • dan lain hal.

Walaupun terdengar sulit, namun ternyata ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan dalam mengubah atau menghilangkan sebuah kebiasaan buruk, agar menjadi pribadi yang lebih baik. Seperti

 

Membiasakan diri Dengan Kebiasaan yang baru

Sebagai contoh, ada seseorang yang sulit sekali tidur lebih awal daripada biasanya. Ia selalu melakukan kebiasaan tidur larut malam.

Tentunya, orang ini harus bisa memaksakan diri dengan tidur lebih awal, dan tidak terpengaruh dengan gadget, game, atau apapun yang difikirkan atau dikerjakan.

Mungkin terdengar sangat memaksa ya, namun memang untuk menghilangkan kebiasaan buruk, seseorang harus bisa memaksakan dirinya untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang sudah melekat didalam dirinya.

 

Buat To do List agar lebih Terorganisir

Terdengar sepele mungkin. Namun, hal ini bisa sangat berpengaruh untuk merubah kebiasaan buruk kalian. Jika kalian masih bingung harus memulai dari mana, catat lah terlebih dahulu masalah atau kebiasaan buruk yang ada pada diri kalian.

Buatlah sebuah to do list atau catatan aktivitas yang harus kalian lakukan. Ini bisa membantu kamu lebih terorganisir dan juga lebih terjadwal. Lakukan aktivitas yang sudah ditulis selama kurang lebih 3 bulan, agar menjadi sebuah kebiasaan baru didalam diri kalian.

 

Mencari Lingkungan Baru

Jika kalian memiliki lingkungan yang kurang mendukung dalam perkembangan kebiasaan, cobalah untuk mencari dan membuka diri untuk masuk kedalam lingkungan baru. Biasanya, lingkungan baru memiliki sifat dan situasi serta suasana yang berbeda.

Hal ini bisa mencegah kalian dalam melakukan kebiasaan yang sudah melekat erat di dalam diri kalian. Sebab, jika kalian mendapatkan support yang baik dari sekitar, kebiasaan tersebut akan ikut melekat dan menjadi sebuah kebiasaan baik bagi diri dan kehidupan kalian.

 

Nah, semoga dengan menerapkan beberapa cara diatas, sahabat masjidku bisa ikut merubah kebiasaan yang buruk, dan menjadi lebih baik dalam kehidupan.

Bagikan website ini kepada saudara Anda